i love my life

i write to fight my short-memory-loss | my room for learning and sharing something new

Membuat Tanda Tangan Digital dan Menyisipkannya pada Microsoft Word 2007

on 3 July 2012

Digital Signature

Digital Signature [Image taken from http://bit.ly/NVClKM%5D

Bulan lalu, saya harus menandatangani sebuah dokumen dari Indonesia, padahal saat ini saya masih berada di Korea. Tak ada yang tak mungkin di era digital sekarang ini, dengan menggunakan tanda tangan digital maka dokumenpun bisa diverifikasi keabsahannya. Kebetulan dokumen yang saya tandatangani berformat Microsoft Word versi 2007. Agar tidak sia-sia, lebih baik saya bagi cara membuatlnya, mau kan? :D *kalo ndak mau juga ntar saya paksa biar mau hehehe*

 

Cara Membuat Tanda Tangan Digital

Ada beberapa cara membuat tanda tangan digital:

1. Membuat tanda tangan seperti yang biasa kita lakukan di atas kertas, kemudian kita scan. Contohnya bisa dilihat pada gambar di bawah yang berasal dari blog ini :)

Contoh scan TT

Contoh scan TT

2. Menggunakan aplikasi Photoshop. Contohnya (lagi-lagi) saya ambil dari blog ini :)

Contoh TT hasil Photoshop

Contoh TT hasil Photoshop

3. Membuatnya di aplikasi Paint bawaan Windows :) Tapi hasilnya sudah pasti sedikit acakadut, lihat saja bikinan saya ini hehe :D

Membuat TT di Paint

Membuat TT di Paint

TT hasil Paint

Contoh TT hasil Paint

4. Dan yang terakhir (as far as i know) dan merupakan cara yang paling mutakhir digital adalah dengan membuatnya di website ini.

Berikut langkah-langkah pembuatannya:
Langkah 1: Masukkan nama

Langkah 2: Pilih jenis huruf yang diinginkan

Langkah 3: Pilih ukuran huruf

Langkah 4: Pilih warna huruf

Langkah 5: Pilih kemiringan huruf

Langkah 6: Tanda tangan yang kita buat telah jadi, silakan simpan ke dalam harddisk :)

***

Cara Menyisipkan Tanda Tangan Digital pada Microsoft Word 2007

Nah, setelah tanda tangannya jadi, mari kita belajar menyisipkan ke dalam file berformat Microsoft Word :)

Langkah 1: Pada file yang telah dibuka, pilih tab Insert lalu klik Signature Line

Kemudian klik OK :)

Langkah 2: Isikan nama pada kolom Suggested signer

Setelah di-klik OK, akan otomatis muncul kotak tanda tangan :)

Langkah 3: Klik Menu –> Prepare –> Add a Digital Signature –> OK

Langkah 4: Isikan alasan mengapa menandatangani dokumen tersebut :)

Langkah 5: Setelah jendela di sisi kanan muncul, pilih nama Suggested signer lalu klik Sign :)

Langkah 6: Pilih file gambar tanda tangan digital yang ingin disisipkan, OK :)

Sekarang dokumen telah ter-digital signature, siap dikirim :)

Semoga postingan kali ini bermanfaat :)

Selamat mencoba dan semoga berhasil *pasti berhasil dong :D*

About these ads

8 responses to “Membuat Tanda Tangan Digital dan Menyisipkannya pada Microsoft Word 2007

  1. Sarasss says:

    hahaha, itu kerjaanku biasanya mbak. Kalo udah kepepet ada dokumen yang mesti ditandatangani boss dan orangnya lagi ga di tempat (dengan ijin yang bersangkutan pastinya), pasti akhirnya aku yang “memperhalus” hasil scan pakai photoshop.. :D
    tapi hasilnya emang kadang masih kurang oke..

  2. [...] http://theonlynelly.wordpress.com/2012/07/03/membuat-tanda-tangan-digital-dan-menyisipkannya-pada-mi… Share this:TwitterFacebookLike this:LikeBe the first to like this. Categories: Animasi | Leave a comment [...]

  3. Prabowo says:

    Ada teknik yang lebih advance sehingga tandatangan akan menjadi ‘transparan’ bila kita template kan ke MS WORD

  4. khanif says:

    gan . . .ane pas step 6 gak muncul gambar ttd yg udah dibikin
    nyari tapi ga ktemu2. di savenya dmana.
    mkasih gan

  5. kalo ane menyebutnya itu bukan tanda tangan digital melainkan gambar tanda tangan gan… lalu tanda tangan digital yang sebenarnya itu seperti apa?? selengkapnya ada disini gan.. http://gatewawan.blogspot.com/2013/12/digital-signature.html

  6. Pralana says:

    iji share gan mksh bgt :D bertamu ke blog ane ya http://www.amd-nat.blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: