i love my life

i write to fight my short-memory-loss | my room for learning and sharing something new

Ngerayain April Mop?

on 1 April 2010

Hari ini banyaak banget yang kirim BlackBerry® Messenger isinya ngerjain dan berita bohong. Penyebabnya apalagi kalo bukan karena hari ini adalah tanggal 1 April, dimana orang2 pada ngerayain April Mop.

Nah bagaimana bagi kita yang Muslim? Apakah sudah tau bagaimana sejarahnya April Mop? Kalo belum, baca ini dulu…

Taken from: http://www.smam1gresik.sch.id/inspirasi/index.php?option=com_content&view=article&id=79:merayakan-april-mopmerayakan-kematian-umat-islam&catid=42:tahukah-kamu&Itemid=97

April Mop, atau The April’s Fool Day, berawal dari satu episode sejarah Muslim Spanyol di tahun 1487, atau bertepatan dengan 892 H. Sejak dibebaskan Islam pada abad ke- 8M oleh Panglima Thariq bin Ziyad, Spanyol berangsur-angsur tumbuh menjadi satu negeri yang makmur. Pasukan Islam tidak saja berhenti di Spanyol, namun terus melakukan pembebasan di negeri-negeri sekitar menuju Perancis. Perancis Selatan dengan mudah dibebaskan. Kota Carcassone, Nimes, Bordeaux, Lyon, Poitou, Tours, dan sebagainya jatuh. Walaupun sangat kuat, pasukan Islam masih memberikan toleransi kepada suku Got dan Navaro di daerah sebelah Barat yang berupa pegunungan. Islam telah menerangi Spanyol.

 

Karena sikap para penguasa Islam yang begitu baik dan rendah hati, banyak orang-orang Spanyol yang kemudian dengan tulus dan ikhlas memeluk Islam. Muslim Spanyol bukan saja beragama Islam, namun sungguh-sungguh mempraktikkan kehidupan secara Islami. Tidak saja membaca Al-Qur’an, namun bertingkah laku berdasarkan Al-Qur’an. Mereka selalu berkata tidak untuk musik, bir, pergaulan bebas, dan segala hal yang dilarangIslam. Keadaan tenteram seperti itu berlangsung hampir enam abad lamanya.

 

Selama itu pula kaum kafir yang masih ada di sekeliling Spanyol tanpa kenal lelah terus berupaya membersihkan Islam dari Spanyol, namun selalu gagal. Maka dikirimlah sejumlah mata-mata untuk mempelajari kelemahan umat Islam Spanyol. Akhirnya mereka menemukan cara untuk menaklukkan Islam, yakni dengan pertama-tama melemahkaniman mereka melalui jalan serangan pemikiran dan budaya. Maka mulailah secara diam-diam mereka mengirimkan alkohol dan rokok secara gratis ke dalam wilayah Spanyol. Musik diperdengarkan untuk membujuk kaum mudanya agar lebih suka bernyanyi dan menari daripada membaca Al Qur’an. Mereka juga mengirimkan sejumlah ulama palsu untuk meniup-niumkan perpecahan ke dalam tubuh umat Islam Spanyol.

 

Lama-kelamaan upaya ini membuahkan hasil. Akhirnya Spanyol jatuh dan bisa dikuasai Pasukan Salib. Penyerangan oleh pasukan Salib benar-benar dilakukan dengan kejam tanpa mengenal peri kemanusiaan. Tidak hanya pasukan Islam yang dibantai, tetapi juga penduduk sipil, wanita, anak-anak kecil, orang- orang tua. Satu-persatu daerah di Spanyol jatuh. Granada adalah daerah terakhir yang ditaklukkan . Penduduk-penduduk Islam di Spanyol (juga disebut orang Moor) terpaksa berlindung di dalam rumah untuk menyelamatkan diri. Tentara-tentara Salib terus mengejar mereka. Ketika jalan-jalan sudah sepi, tinggal menyisakan ribuan mayat yang bergelimpangan bermandikan genangan darah, tentara Salib mengetahui bahwa banyak muslim Granada yang masih bersembunyi di rumah-rumah. Dengan lantang tentara Salib itu meneriakkan pengumuman, bahwa para Muslim Granada bisa keluar dari rumah dengan aman dan diperbolehkan berlayar keluar Spanyol dengan membawa barang-barang keperluan mereka.

 

Orang-orang Islam masih curiga dengan tawaran ini. Namun beberapa dari orang Muslim diperbolehkan melihat sendiri kapal- kapal penumpang yang sudah dipersiapkan di pelabuhan. Setelah benar- benar melihat ada kapal yang sudah disediakan, mereka pun segera bersiap untuk meninggalkan Granada dan berlayar meninggalkan Spanyol. Keesokan harinya, ribuan penduduk muslim Granada keluar dari rumah-rumah mereka dengan membawa seluruh barang-barang keperluan, beriringan berjalan menuju pelabuhan. Beberapa orang Islam yang tidak mempercayai pasukan Salib, memilih bertahan dan terus bersembunyi di rumah-rumah mereka. Setelah ribuan umat Islam Spanyol berkumpul di pelabuhan, dengan cepat tentara Salib menggeledah rumah-rumah yang telah ditinggalkan penghuninya. Lidah api terlihat menjilat-jilat angkasa ketika mereka membakari rumah-rumah tersebut bersama dengan orang-orang Islam yang masih bertahan di dalamnya.

 

Sedang ribuan umat Islam yang tertahan di pelabuhan, hanya bisa terpana ketika tentara Salib juga membakari kapal-kapal yang dikatakan akan mengangkut mereka keluar dari Spanyol. Kapal-kapal itu dengan cepat tenggelam. Ribuan umat Islam tidak bisa berbuat apa-apa karena sama sekali tidak bersenjata. Mereka juga kebanyakan terdiri dari para perempuan dengan anak-anaknya yang masih kecil-kecil. Sedang para tentara Salib telah mengepung mereka dengan pedang terhunus. Dengan satu teriakan dari pemimpinnya, ribuan tentara Salib segara membantai umat Islam Spanyol tanpa rasa belas kasihan. Jerit tangis dan takbir membahana. Seluruh Muslim Spanyol di pelabuhan itu habis dibunuh dengan kejam. Darah menggenang di mana-mana. Laut yang biru telah berubah menjadi merah kehitam-hitaman.

 

Tragedi ini bertepatan dengan tanggal 1 April. Inilah yang kemudian diperingati oleh dunia Kristen setiap tanggal 1 April sebagai April Mop (The April’s Fool Day). Sehingga jika saya menarik kesimpulan, kalau April Mop merupakan sebuah tradisi Kristen yang tidak boleh kita ikuti. Bagi umat Kristiani, April Mop merupakan hari kemenangan atas dibunuhnya ribuan umat Islam Spanyol oleh tentara Salib lewat cara-cara penipuan. Sebab itulah, mereka merayakan April Mop dengan cara penipuan dan kebohongan. Bagi umat Islam, April Mop tentu merupakan tragedi yang sangat menyedihkan. Hari di mana ribuan umat muslim disembelih dan dibantai oleh tentara Salib di Spanyol. Sebab itu, adalah sangat tidak pantas juga ada orang Islam yang ikut-ikutan merayakan tradisi ini. Siapapun orang Islam yang turut merayakan April Mop, maka ia sesungguhnya tengah merayakan ulang tahun pembunuhan massal ribuan saudara-saudarakita di Spanyol, 5 abad silam. Jadi, jika kita merayakan April Mop, dengan tidak langsung kita merayakan saudara-saudara kita dibantai habis-habisan.

 

So apakah kalian tetap merayakan April Mop?

 

###Update on 2013 April 1st###

Bertepatan dengan April Mop tahun ini, saya menemukan link ini. Di dalam tulisan tersebut, dijelaskan bahwa tidak benar April Mop merupakan hari pembantaian umat Muslim di Spanyol. Saya kutip sebagian isinya sebagai berikut:

 

April Mop itu debatable, apakah hari penghinaan terhadap umat Islam atau bukan? Apakah benar pada tanggal 1 April 1487 M itu merupakan hari pembantaian massal di Malaqah, Spanyol? Mari kita bongkar sama-sama akar permasalahannya.

Sejauh yang saya tahu, Islam di Spanyol itu ada pada masa periode 711-1492 M, di mana penaklukan Spanyol memang ada pada panglima Tariq bin Ziyad dengan pemimpin Khalifah Al Walid I. Tariq mendarat di Gibraltar sampe Semenanjung Iberia yang daerah itu lebih dikenal dengan nama Andalusia (الأندلس).

Pertanyaan paling mendasar, siapa yang memberi nama Andalusia?

Ada sumber yang bilang kalo ini berasal dari salah satu suku jajahan Jerman yang hidup di masa periode 407-429 M, namanya suku Vandal. Meski lagi-lagi, sulit ditelusur kebenaran pasti tentang sejarah sebelum abad ke-14. Sejarah di bawah masa itu sangat sukar dicari runutan bukti otentiknya, tak heran cerita yang mengalir dari mulut ke mulutlah yang dijadikan acuan.

Balik tentang cerita Islam di Spanyol yang sempat memerintah sekitar 7 abad, di mana kronologi sejarahnya memang melewati berbagai fase:

■ 711-756 M – Bentuk pemerintahan Emirat yang berpusat di Damaskus
■ 757-759 M – Membentuk pemerintahan Emirat sendiri, sayangnya saya lupa apa namanya, coba nyari-nyari di google juga nggak ketemu. Sepertinya saya musti buka buku tentang sejarah Islam lagi nih buat dapetin sumber lebih otentiknya.
■ 929-1031 – Masa Kekhalifahan Cordoba
■ 1031-1091 – Masa Pemerintahan Taifas I
■ 1091-1145 – Masa Pemerintahan Al-Murabitun
■ 1145-1151 – Masa Pemerintahan Taifas II
■ 1031-1212 – Masa Pemerintahan Al-Muwahidun
■ 1212-1492 – Masa Pemerintahan Kerajaan Granada

Buat temen-temen yang muslim, sama guru-guru ngaji kita pastinya sering diceritain kalo Islam masuk ke tanah Spanyol di jaman Khalifah Umayyah, tahun 661 M, daerah kekuasaannya terbentang dari perbatasan barat Cina sampe Prancis Selatan, di mana masuk juga daerah-daerah seperti Afrika Utara sampai Spanyol dan Perancis di Barat Sind, dan Transoxiana Asia Tengah di Timur. Ibukotanya yang terkenal itu bernama Damaskus.

Cerita yang didapat saat kita kecil tentang Islam di Spanyol itu agak simpang-siur dalam kenyataan fakta sejarah. Sebenernya dari kapan Islam udah ada di sana?

Pun cerita tentang pembantaian umat muslim di Spanyol, dari kecil saya udah pernah mendengarnya, tapi pengkait-kaitannya dengan tanggal 1 April ini jadi pertanyaan.

Eramuslim menulis “April Mop, Hari di mana Umat Muslim Dibantai”, tapi sayang penulisnya (maaf) sepertinya nggak ngeriset dengan teliti. Di situ tertulis bahwa pada tanggal 1 April tahun 1487 M bertepatan dengan 892 H, hari di mana terjadi pembantaian umat Muslim. Kalo saya yang jadi Pemrednya, minimal yang jadi redakturnya, bakalan saya omelin itu penulis, karena datanya dipertanyakan.

Tahun 1487 M itu masih ada pemerintahan Kerajaan Granada meski memang nggak stabil. Kerajaan Granada itu runtuh tahun 1492, di sini juga era di mana keruntuhan Islam di Spanyol. Masa-masa pembantaian itu ada pada tahun 1500-an Masehi pada masa pemberontakan. Ada satu kisah heroik tentang kepahlawanan Islam, Syekh Ahmad Izzah Al-Andalusy yang dulunya memusuhi Islam berbalik jadi pembela Islam, itupun ada di tahun 1525 M.

Maaf banget sebelumnya bila saya berkomentar bahwa memain-mainkan data dan sumber sejarah itu berbahaya, orang yang nggak mahfum bisa salah tangkap dan ketaqlidan itu yang akhirnya menguasai nalar dan logika berpikir. Padahal surah pertama yang diterima Rasulullah SAW itu surah Al-Alaq 1-5, kita disuruh “belajar” biar pinter tapi juga nggak minteri. Jelas-jelas ayat pertamanya begini:

اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ

“Bacalah dengan nama Tuhanmu yang menciptakan” (QS. Al Alaq : 1)

Subyektif saya bilang ada banyak hal yang meragukan tentang data pembantaian umat Muslim di tanggal 1 April tahun 1487 M ini.

Untuk konteks becanda yang sampe menipu orang lain hingga marah apalagi sampe menderita, jelas saya sangat menolak dan membenci becandaan model begini. Becanda itu harus yang sehat tanpa harus menipu orang apalagi sampe kelewat parah. Tapi pernyataan yang bilang tanggal 1 April adalah hari pembantaian umat Muslim di Spanyol, sepertinya memang harus dikaji lagi deh sumber-sumbernya.

Dengan segala kelemahan dan kekurangan, maklum manusia, diskusi ini terbuka untuk umum untuk dikaji dari banyak sisi selama tidak saling menjatuhkan. Bebas kok berpendapat dan berkomentar di halaman ini selama nggak ada niatan buat menghujat keyakinan dah kepercayaan satu sama lain sesama temen.

Saya hanya membawa misi saling mengingatkan dan saling mengoreksi, bahwa dalam kajian-kajian Islam sendiri dalam kebaikan bersama, bilamana ada yang perlu dikoreksi, ya akui aja tanpa harus malu ngakuin kalo itu salah tulis, salah sebut dan salah ngomong. Toh kita masih manusia, belom jadi tuhan dan nggak akan pernah bisa jadi tuhan meski dengan “t” kecil sekalipun. Adil itu perlu deh, adil buat semua sebagai rahmatan lil ‘alamin…

Jangan salah persepsi dulu dengan tulisan ini, dengan kritis banyak mempertanyakan begini bukan berarti saya jadi berpikir kelewat liberal seperti JIL, hanya saja saya tak rela ada yang ditambah-tambahi dan dibumbu-bumbui dalam konteks menjaga kekuatan dan ukhuwah Islam tapi kebenarannya dipertanyakan, lho, itukan sama juga dengan jahat, nggak beda dengan gosip entertainment yang penting pernyataan dulu, kebenaran masalah belakangan. Kalo memang iya benar, sumber-sumbernya juga perlu dimasukkan sebagai fakta, data dan bukti yang memang benar-benar otentik.

Lain hal bilamana ada fakta, data dan bukti otentik yang menyatakan bahwa tanggal 1 April 1487 M itu adalah hari pembantaian umat Muslim di Malaqah di jaman Kerajaan Granada. Saya pun akan terdiam dan meyakini bila kebenaran itu memang benar adanya.

 

***

 

Saya jadi malu, baru nge-riset setelah posting 3 tahun lalu. Memang tabayyun (kroscek) itu adalah suatu keharusan! Namun meskipun April Mop itu bukan hari pembantaian umat Islam di Spanyol, bukan berarti lantas kita boleh merayakannya dengan cara membohongi orang-orang. Sebagai seorang muslim tentunya ikut merayakan tradisi April mop ini tidak ada manfaatnya sama sekali bagi kita; selain berbohong (padahal Rasul memerintahkan kita untuk bicara yang baik atau diam), juga kita jadi tasyabbuh/menyerupai umat lain.

Hal itu sesuai sabda beliau, “Sungguh kalian akan mengikuti jalan orang-orang sebelum kalian sejengkal demi sejengkal dan sehasta demi sehasta sampai jika orang-orang yang kalian ikuti itu masuk ke lubang dhob (yang sempit sekalipun, -pen), pasti kalian pun akan mengikutinya.” Kami (para sahabat) berkata, “Wahai Rasulullah, apakah yang diikuti itu adalah Yahudi dan Nashrani?” Beliau menjawab, “Lantas siapa lagi?” (HR. Muslim no. 2669).


2 responses to “Ngerayain April Mop?

  1. Nggak mbak.

    Tapi kemaren aku ketemu blogger muslim yg bilang kalo sejarah itu HOAX. Aku cuma bisa istighfar sambil ngejelasin ke dia bahwa dia lagi bikin berita HOAX dan bisa menyebabkan dosa jariyah (na’udzubillah). Tapi dia tetep kekeh ga mau ngapus dengan alasan dia mau netral. Padahal dia ambil sumber dari situs2 penghujat Islam.

    Mungkin orang JIL laknatullah kali ya?

  2. theonlynelly says:

    wedew, bisa-bisanya malah setuju sama pendapatnya penghujat Islam. didoain aja dek supaya dia ditunjukkan kebenaran.. ^^v

    makasih ya “cendol”nya \^v^/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: