i love my life

i write to fight my short-memory-loss | my room for learning and sharing something new

Apel Haram, Rokok Halal

on 13 May 2010

Cerita ini dari Mesir. Pencerita bilang dia lagi shalat tahiyatul masjid, khusu’nya keganggu oleh bau asep rokok yang kuat banget, setelah salam dia tahu dimana asal bau itu, dari orang yang bibirnya saja item karena rokok. Dia ngomong ke dirinya, “nanti selesai solat gue mao ngomong ama tuh orang.” Tapi gedadak ada anak kecil sembilan taunan umurnya masuk mesjid, duduk disamping perokok itu. Dan si anak itu mencium bau asap rokok juga, kemudian mereka terdengar ngobrol.

Anak: Assalamu’alaikum paman, paman orang mesir?

Perokok: ya betul aku orang mesir.

Anak : Paman kenal Syeikh Abdul Hamid Kisyk?

Perokok: ya kenal.

Anak : Paman juga kenal Syeikh Jaad al-Haq?

Perokok: ya kenal juga.

Anak : Paman juga kenal Syeikh Muhammad al-Ghazali?

Perokok: ya aku juga kenal.

Anak : Paman pernah dong mendengar pendapat dan fatwa-fatwa mereka?

Perokok: ya dengar juga.

Anak : Mereka itu ulama dan syeikh yang berkata bahwa rokok itu haram, kenapa paman

menghisapnya??

Perokok: Ngga, rokok ngga haram.

Anak : Haram paman, bukankah Allah mengharamkannya: وَيُحَرِّمُ عَلَيْهِمُ الخَبَائِثِ (Allah mengharamkan

yang buruk-buruk bagi kalian) apakah paman waktu ngerokok baca bismillah dan baca alhamdulillah waktu selesainya??

Perokok: Ngga, rokok ngga haram, mana ada ayat al-Quran yang berbunyi وَيُحَرِّمُ عَلَيْكُمُ الدُخَانَ (Allah mengharamkan rokok bagimu).

Anak : Paman, rokok itu haram seperti haramnya apel!!!

Perokok: (sambil marah) Apel haram!!! Bagaimana kamu bisa menghalalkan dan mengharamkan itu.

Anak : Coba paman tunjukkan ayat وَيُحِلُّ لَكُمُ التُّفَاحَ (Allah menghalalkan apel)!

Perokok itu sadar diri dan diam, ngga keluar lagi kata-katanya, seterusnya dia nangis dan waktu solat juga dia nangis. Sehabis solat perokok itu deketin si anak kecil, sang da’i yang nyadarin dirinya, terus janji, “nak, paman berjanji kepada Allah tidak akan ngerokok lagi sampai akhir hidup paman.”


9 responses to “Apel Haram, Rokok Halal

  1. […] This post was mentioned on Twitter by Nelly Tsabita. Nelly Tsabita said: Apel Haram, Rokok Halal: http://wp.me/pB7Qu-2H […]

  2. corrie says:

    Bagus bgt ceritanya…!!🙂

  3. […] Sumber dari blognya Mbak Nelly […]

  4. chairulyc says:

    Mba, Saya minta izin dong buat menyebar luaskan tulisan ini…..
    Bolehkah?

  5. […] manusia… Rokok difatwa haram, tetap ngeyel. Diinfokan terdapat darah babi di dalam rokok, tetap ngeyel. Trus kalo udah tahu […]

  6. Luar biasa.., cerita yg sangat santai tapi mengena. Allahu Akbar!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: