i love my life

i write to fight my short-memory-loss | my room for learning and sharing something new

Kisah Sumiyati dan Fenomena TKI di Arab Saudi

Baru-baru ini kabar miris kembali terdengar dari TKI (Tenaga Kerja Indonesia) kita. Sumiyati namanya, entah apa salahnya bibirnya digunting majikannya. Ada lagi Ninis yang dibunuh lalu (maaf) dibuang di tong sampah 3 hari menjelang Idul Adha yang jatuh pada sepekan yang lalu.

Media segera mem-blow up berita ini. Kita yang tadinya cuek-cuek saja pada berita mengenai keberadaan TKI yang harus sampai mengejar real di negeri orang. Sumpah serapah dengan lancar kita lontarkan pada orang Arab apalagi negara Saudi. Seolah-olah dengan itu Allah akan merubah keadaan. Padahal hanya kepuasan yang kita dapatkan. Dan lagi-lagi agama dibawa-bawa, nama Islam pun dijelekkan.

Kita yang hidup jauh dari Arab Saudi dengan mudah mengecam negara tersebut, padahal kita tidak pernah tahu bagaimana kondisi disana. Berikut sy ambil tulisan dari Ustadz Abu Abdillah Sofyan Chalid bin Idham Ruray dan Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal yang keduanya pernah tinggal di Arab Saudi. Mohon dibaca hingga selesai. Memang panjang, tapi tidak lebih panjang dari novel Twilight ataupun Harry Potter yang dengan senang hati kita baca.

***

Read the rest of this entry »

1 Comment »

Love Will Find A Way

Love will find a way… Kalo cinta, apapun akan dilakukan!

True love is hard to find
When you found it, take a good care of it while you still have time

If tomorrow never comes

Leave a comment »

This Is Me: Aku dan Hujan

Tiap manusia memiliki “kerikil” hidupnya sendiri-sendiri. Ada yang kecil, sedang, bahkan besar.

Aku termasuk yang tidak biasa cerita-cerita masalahku ke orang lain. Kalo menerima curhatan malah iya banget. Entah mengapa orang gampang curhat kalo ngobrol sama aku. And I’m glad to help or try the way to solve their problems.

Pokoknya gambar ini Nelly banget :’)

2 Comments »

Menyeberang Selat Madura Untuk Bebek Sinjay

Habis sholat Id, ada yang pengen ke Madura. Jadilah here we go, again 🙂

Tujuan utama adalah Warung Bebek Sinjay (WBS). Kami sampai di warung ini pukul 8 kurang 10 menit. Pegawai warung bilang nanti buka jam 8. Jika di hari biasa warung buka pukul 7, namun karena hari ini Idul Adha maka warung dibuka menunggu pegawainya balik dari sholat Id. Daripada nunggu di depan warung, kami menuju warung kecil yang berjualan jajanan, maklum perut minta diganjal dulu 😀

Jam 8.30 kami kembali ke WBS, ada beberapa mobil dan sepeda motor yang terparkir. Ternyata, sudah banyak orang duduk di dalam WBS. Padahal kebanyakan kursi belum diturunkan dari mejanya dan belum terlihat ada pegawai WBS, berarti mereka menurunkan sendiri kursi-kursi tersebut. Dimanakah pegawainya? Sy lihat dapurnya tertutup rapat. Mungkinkah para pegawai WBS sedang masak di dalamnya?

[bersambung] *nggak jadi nulis sambungannya dikarenakan foto-foto di BB hilang semua gara-gara memory card-nya rusak :(*

3 Comments »

Bencana Alam Bukan Karena Maksiat?

gambar diambil dari: ssappurisa.blogspot.comBencana alam merupakan fenomena alam yang terjadi karena adanya aktifitas fisik dari berbagai benda-benda di alam. Lalu bagaimana mungkin terjadinya bencana alam dikaitkan dengan moralitas, kemaksiatan, kesyirikan, hal-hal yang bukan aktifitas fisik, bahkan abstrak? Bagi sebagian orang ini adalah hal yang mudah, namun bagi sebagian lagi ini menjadi hal yang sulit dicerna akal.

Read the rest of this entry »

1 Comment »

Sebelum Bermaksiat Penuhi Dulu Syarat Berikut

taken from: purna.wordpress.comSuatu ketika seorang lelaki mendatangi Ibrohim bin Ad-ham. Ia mengatakan: “Wahai Abu Ishaq (panggilan kesayangan Ibrohim)! Sungguh, aku ini orang yang terlalu menuruti hawa nafsuku, maka ku mohon berikan aku nasihat yang dapat mencegah dan menyelamatkan hatiku!

Maka Ibrohim mengatakan: “Jika kamu setuju dan mampu menerapkan lima perkara ini, maka kemaksiatan tidak lagi membahayakanmu, dan kenikmatan tidak lagi menjerumuskanmu”.

Read the rest of this entry »

1 Comment »

Lempar Bola Sembunyi Kaki

Sore tadi (sekitar jam 17 kurang 10 menit) terjadi insiden di kampus Teknik Sipil ITS. Kaca yang pecah pada foto tersebut disebabkan tendangan bola oleh remaja-remaja yang sedang bermain futsal di lapangan belakang Teknik Sipil. Tanpa ba-bi-bu, setelah sukses memecahkan kaca di dekat bordes tangga menuju ke lantai 2, remaja-remaja itu segera kabur menaiki sepeda motornya.

Saat saya sampaikan ke salah satu petugas (sambil saya sebutkan ciri-ciri anaknya), dia bilang “Oooh itu pasti anak kampung yang biasa main di belakang. Gak mungkin kalo mahasiswa, kalo mahasiswa pasti nggak lari.” Lega juga dengar kata-kata semacam itu, ternyata mahasiswa tidak disangkutkan pada hal negatif–setidaknya pada kasus ini.

Vivat!!! *eh

Leave a comment »

Su’airah Wanita Penghuni Surga

Trouble is a friend of mine. Selalu, selalu, selalu adaa aja masalah. Tapi Allah juga selalu mengingatkanku bahwa cobaanku tidaklah seberapa. Tengok saja kisah Su’airah al-Asadiyyah radhiyallahu’anha yang aku ambil dari http://muslimah.or.id ini.

***

Su’airah; Wanita Penghuni Surga

Dia adalah seorang shahabiyyat bernama Su’airah al-Asadiyyah atau yang dikenal dengan Ummu Zufar radhiyallohu’anha. Walau para ahli sejarah tak menulis perjalanan kehidupannya secara rinci, karena hampir semua kitab-kitab sejarah hanya mencantumkan sebuah hadits dalam biografinya, namun dengan keterangan yang sedikit itu kita dapat memetik banyak faedah, pelajaran, serta teladan yang agung dari wanita shalihah ini.

Su’airah al-Asadiyyah berasal dari Habsyah atau yang dikenal sekarang ini dengan Ethiopia. Seorang wanita yang berkulit hitam, yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dengan penuh ketulusan. Ia adalah perumpamaan cahaya dan bukti nyata dalam kesabaran, keyakinan dan keridhaan terhadap apa yang telah ditakdirkan Allah, Rabb Pencipta Alam semesta ini. Dia adalah wanita yang datang dan berbicara langsung dengan pemimpin orang-orang yang ditimpa musibah dan imam bagi orang-orang yang sabar, Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam.

Read the rest of this entry »

4 Comments »

Apakah Allah itu Ada?

Dikisahkan seorang profesor di sebuah universitas terkenal menantang mahasiswa-mahasiswanya dengan pertanyaan, “Apakah Allah Benar-benar menciptakan segala sesuatunya?”

Seorang siswa dengan berani menjawab,
“Ya, Dia yang menciptakan segala sesuatu”.
“Tuhan menciptakan semuanya?” Tanya professor.
“Ya pak” jawab siswa.

Profesor itu menjawab, “Jika Tuhan memang menciptakan segala sesuatu, maka Tuhan menciptakan kejahatan. Karena kejahatan itu ada, dan menurut prinsip bahwa pekerjaan kita menjelaskan siapa sebenarnya kita, jadi kita bisa berasumsi bahwa Tuhan adalah kejahatan”.

Mahasiswa itu terdiam dan tidak menjawab hipotesis profesor. Profesor itu merasa menang dan bangga bahwa sekali lagi dia telah membuktikan bahwa agama hanya mitos.

Seorang mahasiswa lain mengangkat tangannya dan berkata,
“Profesor, boleh saya menanyakan sesuatu?”.

Read the rest of this entry »

1 Comment »

%d bloggers like this: