i love my life

i write to fight my short-memory-loss | my room for learning and sharing something new

Komodo Butuh Kita, Bukan SMS Kita

on 5 November 2011

“Iya, udah tahu, makanya saya rajin sms biar komodo menang di New7Wonders.”

Mungkin itu adalah kalimat yang sedang ngetren di Indonesia saat ini *kesimpulan saya hasil dari baca-baca komen di blognya pak (atau mas ya?) Priyadi yang akan saya kupas bahas disini, terus terang saya gak tahu kenyataannya mengingat saya sedang merantau ke negeri orang😀*

Ceritanya flashback nih ke akhir 2009 waktu saya mulai kenal sama Twitter. Saat itu lagi booming hashtag #votekomodo dan #savekomodo oleh salah satu komodo akun yang akhirnya saya follow. Dan sayapun langsung mem-vote komodo di website New7Wonders.

Terus terang emang saya gak tahu banyak soal komodo *cuma udah kenalan waktu SD dulu di pelajaran IPS :p*. Tapi sejak saat itu saya sering ngetwit dukungan terhadap pelestarian komodo dan vote komodo.

Waktu bergulir, kemarin saya sedang duduk di depan PC mengerjakan paper, iseng-iseng baca timeline twitter. Eeh nemu link ini dari tweetnya (calon) adek ipar saya. Setelah menghabiskan waktu hampir 30 menit membaca posting & seluruh komentar disitu, tergeraklah saya membuat curahan hati opini tentang komodo ini.

Bulan lalu waktu baca berita Pak JK terpilih menjadi Duta Komodo yang ditunjuk oleh New7Wonders, saya turut bangga. Honestly I’m unofficially his fans. Saya merasa penunjukan itu tepat & tidak salah orang. Namun kemudian dari yang saya baca di berita menunjukkan voting via sms hanya Rp 1 dan kita dianjurkan sms sebanyak-banyaknya, saya mulai mencium merasakan gelagat yang tidak beres.

Ini mau pilih Indonesian Idol atau Komodo Idol sih kok pake banyak-banyakan sms? Nah, setelah membaca ulasan mendalam dari pak Priyadi itu saya jadi mengerti keseluruhan jalan ceritanya.

Beberapa poin ini hasil deep reading 30 menit tadi😀
1. Ternyata yayasan / organisasi New7Wonders (N7W) bukan di bawah naungan UNESCO (meleset dari dugaan saya selama ini). N7W bahkan mengancam Kemenbudpar akan mengeluarkan Pulau Komodo dari finalis jika tidak mau membayar 10 juta USD licensee fee dan 35 juta USD utk acara deklarasi N7W (lihat di komen #56) yang akhirnya membuat Kemenbudpar mundur kemudian ‘diambil alih’ oleh LSM bernama P2Komodo bersama pak JK (lihat di komen #149). Lebih lengkapnya bisa dibaca di blog pak Priyadi.
2. Lestarinya Taman Nasional Komodo (TNK) maupun komodonya sendiri bukan berkat dari kemenangan di kontes ini. Komodo adalah binatang yang bisa hidup di habitat yang tenang & terasing, kalo tujuannya buat menarik wisatawan ya malah entah gimana hasilnya. Bahkan di KBS ada komodo yang mati (emang qadarullah, tapi kan kalo komodonya dijaga biar gak sampe sakit ya gak gitu ceritanya). Kalo emang pingin melestarikan TNK, kita salurkan sumbangan ke yayasan yang memang menjadi facility management-nya TNK. Bukan begitu saudara-saudara?😀
3. Mau presiden negara adikuasa ngedukung acara ini, gak ada kaitannya sama negara kita. Tiap negara punya kebijakan dan APBN masing-masing, gak bisa dong kita bilang “Presiden Korea aja menghimbau rakyatnya agar mendukung Jeju, kenapa kita nggak ngedukung Pulau Komodo?”, mungkin bagi presiden Korea uang yang disetorkan untuk promosi dlsb jumlahnya kecil.

Tentang pak Jusuf Kalla yang bersedia menjadi duta Komodo bagi N7W, menurut saya mungkin karena beliau orang yang tidak mau berhenti di tengah jalan. Toh Kemenbudpar sudah mengikutkan TNK ke kontes N7W ini, beliau akhirnya (terpaksa) meneruskan. Saya rasa beliau bukan orang yang sembarangan dalam mengambil keputusan, jadi mungkin beliau mengesampingkan ketidakkredibelan N7W demi kemenangan TNK. I hope so..

Hmm kayaknya bahasan saya kali ini terlalu berat untuk daily-blog-kacangan saya ini. It’s all just my thought, kalo nggak setuju silakan sampaikan, daripada dipendam malah jadi bisul😀

*picture taken from baliassociates.com*

Another related post click here🙂


Leave a Reply

