i love my life

i write to fight my short-memory-loss | my room for learning and sharing something new

Selamat Jalan Teman

on 2 June 2012

I was just came to my Pakistan friend Safdar to discuss about our Advanced Foundation Engineering homework, but he gave me a very shocking news. Safdar told me that Mr. Dhilip, an Assistant Professor from India that takes PhD here, had gone back to his country this morning. For you information, Mr. Dhilip was Safdar’s housemate, and Mr. Dhilip’s lab was side by side with my lab, he even had the same class with me in Korean language class. How come he took the decision to leave his lab? It’s already 2 semester! So, here is the story… (kuceritakan ulang sebagaimana Safdar bercerita)

“Selama disini, aku tidak pernah merasa nyaman dengan lab memberku sendiri, memang ada sebagian yang baik tapi the bad people influence my research a lot. saat musim dingin kemarin, mereka membuka semua jendela dan pintu, padahal tahu sendiri kan kalau aku asalnya darimana? I felt extremely cold inside my lab. Dan sekarang saat udara sudah panas, setiap kali aku membuka pintu untuk pergantian udara, mereka selalu menutupnya. Perlakuan yang paling menyakitkan dan kurasa itu rasisme, mereka mengatakan bahwa bekal makanan yang kubawa sangat bau, sehingga mereka menyemprotkan parfum di depan wajahku. Sekali tidak masalah, kali kedua kubiarkan saja, kali ketiga aku mulai merasa tidak nyaman, kali keempat mereka melakukan itu aku tidak bisa terima. Padahal merekapun makan bersama di dalam lab dan baunya tercium olehku, namun aku diam saja. Aku bahkan akhirnya makan dengan kalian (Safdar & Dr. Khalid) kan di selasar luar, namun mereka tetap mengganggu. Dan ketika aku mengutarakan masalah ini ke profesor, beliau malah berkata bahwa ini adalah urusanku sendiri. Aku bukan anak kecil lagi yang harus merengek pada ibu bahwa aku punya masalah ini dan itu, cukup aku pergi dari sini maka semua masalah ini akan berakhir. Aku datang kesini bukan untuk fighting, aku kesini untuk melakukan riset. Jadi jika aku tidak bisa mengerjakan riset hanya karena aku tidak merasa nyaman, lebih baik aku mundur. They made me mentally down. I was a respectable person in my society, I’m not coming here just to become a slave! Lebih baik aku mengorbankan 2 semester daripada harus bertahan lebih lama lagi.”

Yeah, that was the story, ironic right? All this time, Mr. Dhilip keep this problems himself, he even didn’t tell Safdar. Safdar had convinced Mr. Dhilip to stay and hold on for his PhD but he just can’t. Safdar quite upset with Mr. Dhilip’s leaving. He is a very good person, i can understand his sadness. This is a very difficult situation for some people, and i believe Mr. Dhilip was facing a hard decision to take.

Sebenarnya di draft aku lagi nulis tentang susahnya hidup di Korea, eh ada cerita yang lebih shock gini aku publish duluan deh. Alhamdulillah aku dikasi Allah profesor dan lab member yang baik, dikasi deadline itu pasti lah tapi at least mereka tidak menekan & memperlakukan aku sebagai musuh. Profesor bahkan mempersilahkan aku sholat di lab, dan senior tidak pernah protes meski aku makan di dalam lab🙂

Eat Pray Study at Lab

I Eat, Pray, Study (and sometimes Take a Nap) at Lab😀

Fiuuuh… In the end, i just realize that i haven’t done my homework as well, i just did some part of it
-___-“


6 responses to “Selamat Jalan Teman

  1. Beberapa jam sebelum baca tulisan ini aq ngobrol sama temen, katanya orang korea itu agak rasis ama kelompok atau golongan tertentu. Mungkin ini salah satu contohnya, hmmm..ati ati ukhti..

    • Siap, insya Allah🙂 Pada dasarnya dimana aja di dunia pasti kita menemukan orang yang rasis, begitu juga orang Korea. Ga bisa digeneralisir bahwa mereka rasis, cuma atas ketakutan mereka terhadap orang asing (terutama yang berkulit lebih gelap dari mereka) maka mereka cenderung bersikap menghindar bahkan ada yang offensive. Tapi kalo mereka udah kenal baik sama kita, mereka tuh alhamdulillah baik banget kok🙂

  2. aihwaminhae says:

    wah slese baca cerita ni jadi tambah kuat aq ..
    .. ternyata karakter orang beda2 n gag mudah buat di masukin ..
    .. q tmbah berminat buat sekolah di luar ..
    .. moga2 ja bisa ..
    .. amiiin ..
    #curcol..
    .. kak btw kakak itu kuliah beasiswa pa biaya sndiri??? ..
    .. sori kalo frontal beud ..
    .. penasaran soalnya ..

  3. hero gunawan says:

    kak afwan ane mau tanya kalao s2 bidang teknik telekomunikasi di korea ada ga kak….. khususnya di universitas kaka???? boleh sedikit cerita gak kak proses dapetin s2 nya….. jazakallah khoir,,…

Leave a Reply

