i love my life

i write to fight my short-memory-loss | my room for learning and sharing something new

Miracle: The Connection beetwen Kaaba, Mecca, and Golden Ratio 1.618! :’)

on 2 November 2012

Siang kemarin saya sempat curcol di twitter. Salah satu kerjaan saya sekarang emang lagi terhambat karena desainer yang saya mintai tolong masih sibuk. Ya emang saya nggak berhak nyalahin dia, secara emang kerjaan dia banyak dan dianya lagi ada ujian. Makanya jadi stress sendiri karena udah ngelewatin due date yang ditetapkan.

Dan saya pun berandai-andai, andai aja masih ingat cara nge-desain di Photoshop; biar saya bisa nge-desain sendiri gitu, nggak tergantung sama orang lain. Dulu banget emang sempat belajar, tapi trus sayanya lupa. Susah deh jadi orang pelupaapalagi short memory loss kayak saya. Apaaa aja lupa, padahal gak ada niat untuk lupa. Curhat lagi yah, tiap kali saya lupa tuh saya merasa bersalah banget. Bagi orang lain mungkin hal ini biasa, tapi bagi saya sifat pelupa ini mengganggu banget. Kalo bisa milih, ya saya mintanya nggak jadi orang pelupa ._.

Oke, balik lagi ke soal kerjaan lagi. Show must go on dong, saya udah niat mau belajar lagingedesain di Photoshop (mumpung senior lagi gak di labhehehe). Berbekal copyan software (dan cracknya :D) dari pak lurah Bangun, yaudah saya instal itu program. Sambil nunggu, saya ingat kalo dulu pernah terima newsletter dari Quora yang mana salah satu bahasannya adalah tentang teknis cara yang baik untuk membuat logo perusahaan. Diskusi di Quora tersebut mengacu pada situs ini. Disebutkan bahwa semua logo dari perusahaan-perusahaan terkemuka di dunia ini tanpa kecuali menggunakan Golden Ratio design/technology. Apa itu?

Golden ratio line (Wikipedia)

Golden ratio line (Wikipedia)

Menurut om Wiki, Golden Ratio adalah jika rasio antara dua nilai (a dan b) jumlah kedua nilai itu terhadap nilai yang besar sama dengan rasio antara nilai besar terhadap nilai kecil. Mbulet ya penjelasannya? Gampangannya gini deh, golden ratio = (a+b)/a = a/b. Nah dari rumus tersebut didapatkan angka golden ratio adalah 1.618 (satu koma satu enam delapan *kayak nulis kuitansi ajah :D*). Eh gimana cara ngitungnya tuh? Kok bisa dapat angka segitu? Aigoo kalo itu kayaknya bukan urusan saya deh, monggo kalo mau mendalaminya bisa di-googling sendiri :p

Di situs itu bisa kita lihat beberapa logo perusahaan yang didesain menggunakan Golden Ration Design, beberapa diantaranya bisa dilihat berikut ini:

Dan mungkin masih banyak lagi logo perusahaan lainnya di dunia ini yang menggunakan Golden Ration Design, namun tulisan saya selanjutnya tidak hendak membahas hal tersebut. Saat saya share postingan di Quora tersebut ke twitter dan facebook, ternyata ada tanggapan dari mas Hilmy, isi komennya berupa link ke video berikut ini di youtube:

Gimana? Merinding tidak setelah menonton videonya? Badan saya bergetar, jantung saya bergegup lebih kencang, mata saya meneteskan air mata kekaguman, dan lisan saya lirih mengucap Allahu Akbar. Terus terang baru kali ini saya tahu mengenai hal tersebut. Masya Allah, di dalam Al-Qur’an dan segala ciptaan-Nya terdapat tanda bagi orang yang beriman.

Berikut beberapa capture dari video tersebut:

Kutub utara - Mekkah - Kutub selatan

Kutub utara – Mekah – Kutub selatan

Mekkah secara horizontal

Mekah secara horizontal

Mekkah secara diagonal

Mekah secara diagonal

Golden mean point of Mecca and Kaaba in the world

Golden mean point of Mecca and Kaaba in the world

The golden mean point of the earth according to common location language of mankind is in the city of Mecca! The city of Mecca is located on the golden mean of Arabia, while Kaaba is located in the golden mean of the city.

Maha benar Allah dengan segala firman-Nya :’)

QS Ali-`Imraan:96

QS Ali-`Imraan:96

Sesungguhnya rumah yang mula-mula dibangun untuk (tempat beribadat) manusia, ialah Baitullah yang di Bakkah (Mekah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semua manusia. [QS Ali-`Imraan:96]

QS Ali-`Imraan:97

QS Ali-`Imraan:97

Padanya terdapat tanda-tanda yang nyata, (di antaranya) maqam Ibrahim; barangsiapa memasukinya (Baitullah itu) menjadi amanlah dia; mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah. Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam. [QS Ali-`Imraan:97]

Temukan Al-Qur’an online dengan terjemahnya disini🙂 #bukantwitberbayar

Saya tidak sedang seolah-olah berkata seperti ini: Ini lho keajaiban yang membuktikan kebenaran Islam. Karena kalo saya bilang gitu, kemungkinan besar akan ada yang memberi komentar begini: “Ketika ada suatu penemuan ilmiah, tiba-tiba umat Islam meng-klaim bahwa Al-Qur’an sudah memprediksi hal tersebut”. Saya tidak suka berdebat dan tidak hendak berdebat dengan siapapun yang membaca tulisan ini. Silakan mengintepretasikan sendiri isi tulisan ini🙂

Wallahua’lam

NB: Tambahan artikel yang luar biasa menarik dari sutus Harun Yahya Indonesia🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: