i love my life

i write to fight my short-memory-loss | my room for learning and sharing something new

Travelling Nyaman & Terjangkau di Korea dengan KTX Menggunakan KR PASS

on 2 April 2013
Suatu hari di Busan Station ^^

Suatu hari di Busan Station ^^

Salah satu penghalang perjalanan Busan-Seoul vice versa adalah karena mahalnya biaya transportasi. Harga tiket KTX 53,300 won untuk sekali jalan (lama perjalanan 2 jam 40 menit). Jika ingin lebih murah, pilihan jatuh pada bis (lama perjalanan 5 jam) dengan harga tiket 40,000 won atau kereta Mugunghwa (lama perjalanan 6 jam) seharga 27,300. Bisa dihitung sendiri besarnya dana yang harus disiapkan untuk perjalanan pergi-pulang antara kedua kota metropolitan tersebut, yang bisa dikatakan sepersepuluh atau seperempatbelas gaji sebulan seorang mahasiswa Master *buka aib dikit*.

Pada awalnya saya berniat menggunakan kereta mugunghwa untuk perjalanan kali ini, walaupun sempat ragu karena cukup panjangnya waktu perjalanan. Alhamdulillah waktu nanya-nanya ke Aziza yang sering bepergian Busan-Seoul, dia memberitahu mengenai KR PASS.

Nah, apa sih KR PASS? KR PASS adalah semacam kartu diskon untuk pembelian tiket KTX dengan harga lebih terjangkau yang dikhususkan bagi foreigner atau orang yang baru datang ke Korea. Mengenai KR PASS selengkapnya bisa dibaca di sini dan sana. Karena hanya menggunakan nomer paspor, maka foreigner yang telat tinggal di Korea pun tetap bisa menggunakannya (tidak ada pengecekan alien card atau visa). Otomatis dengan KR PASS, kita bisa membeli tiket KTX dengan harga yang lumayan terjangkau. Berikut cara pembelian KR PASS:

Isian KRPASS

Isian KRPASS

1. Buka http://www.korail.com/ (dengan menggunakan browser Internet Explorer), pilih English di pojok kanan atas, nanti di kiri atas ada pilihan KRPASS Reservation, isi data dengan valid. Masukkan nama dengan urutan sesuai yang tertulis di paspor: nama belakang, nama depan. Untuk Pass Type bisa dipilih waktu pergi-pulang 1, 3, 5, 7, 10 hari. Terdapat 4 pilihan Passenger Type untuk KR PASS yaitu Normal, Youth, Saver, Child; untuk perjalanan solo pilih yang Youth, tapi jika pergi secara berkelompok (2-5 orang) pilih yang Saver. Klik Reservation lalu OK.

Form setelah diisi

Form setelah diisi

2. Setelah masuk ke halaman Reservation, lakukan pembayaran melalui transfer setelah meng-klik Payment.

Halaman Reservation

Halaman Reservation

Halaman Payment

Halaman Payment

Untuk detil di step Payment ini: setelah memasukkan nomer kartu credit / kartu debit, di rekening akan terpotong otomatis sejumlah harga yang tercantum. Setelah itu, maka halaman Reservation akan berisi gambar di bawah ini, Kemudian print e-ticket.

Terbayar ^^

Terbayar ^^

e-ticket

e-ticket

3. Bawa e-ticket yang telah di-print ke station (Busan station, Seoul station, atau ke-6 station besar lainnya) untuk ditukarkan dengan tiket KTX. Kita bebas menentukan kapan hari & jam keberangkatan/kepulangan. Sebisa mungkin penukaran dilakukan beberapa hari sebelum keberangkatan agar masih dapat seat (tempat duduk) di hari keberangkatan yang diinginkan. Di contoh punya saya; tiket saya berlaku antara 3 hari. KR PASS siap digunakan. Saat menukarkan, bawa paspor dan kartu credit / kartu debit yang digunakan untuk transaksi.

Kartu KR PASS dan tiket KTX

Kartu KR PASS dan tiket KTX

Ada side story juga sih (bisa dibaca di sini) yang membuat saya harus mengganti jam kepulangan saya ke Busan dari Seoul. Singkatnya, kereta saya jam 19:30 dari Seoul tapi bisa diganti ke kereta jam 19:50 tanpa biaya tambahan alias gratis. Padahal kalau ini adalah tiket KTX biasa (bukan beli via KR PASS), tiket penggantinya dikenai biaya 15% dari harga normal. Mungkin karena masa berlaku tiket saya adalah 3 hari jadi tidak ada biaya 15% tersebut.

Semoga postingan ini bermanfaat ya. Selamat mencoba beli tiket KTX menggunakan KR PASS ^^

 

Reposted on http://web.perpika.kr/?p=876 :)

 

— Updated on March 25, 2014 —

Terus terang dulu saya tidak pernah menyangka bahwa postingan ini mendapat banyak sambutan komen yang meriah. Namun sayangnya karena kesibukan yang cukup menyita waktu sehingga dengan sangat terpaksa saya tidak dapat membalas satu-persatu komen yang masuk. Silakan membaca dengan seksama contoh yang akan saya berikan di bawah ini, dan coba dibandingkan dengan skema keberangkatan serta tanggal perjalanan dengan KTX yang ingin dilakukan..

Contoh 1:
Pada bulan Februari, si A berangkat ke Korea tanggal 1, tiba di bandara Incheon (dekat Seoul) tanggal 2. Dari situ ia akan menuju
penginapannya di Seoul. Pada tanggal 4 ia akan melakukan perjalanan ke Busan. Ia akan berada di Busan selama 2 hari, sehingga tanggal 6 ia harus kembali ke Seoul.

Maka yang perlu dilakukan sebelum berangkat ke Korea adalah memesan tiket KTX dengan KR Pass, dengan mengisi:
– Tanggal tiba di Korea: 2 Februari
– Hari pemesanan KR Pass: 3 hari (tanggal 4, 5, 6)
– Tanggal pemesanan tiket KTX (berangkat / Seoul-Busan): 4 Februari
– Tanggal pemesanan tiket KTX (kembali / Busan-Seoul): 6 Februari

*

Contoh 2:
Tanggal 30 Juni si B berangkat pagi dari negaranya dan sorenya akan langsung tiba di Korea. Ia mendarat di bandara Gimhae (dekat
Busan), sedangkan acara conference yang akan dihadirinya dilaksanakan di Daejeon pada tanggal 4~8 Juli. Ia berencana jalan-
jalan di Busan sebelum berangkat ke Daejeon, dan jalan-jalan di Seoul setelah conference berakhir. Ia akan kembali ke negaranya
dengan pesawat dari bandara Incheon.

Maka yang perlu dilakukan sebelum berangkat ke Korea adalah memesan tiket KTX dengan KR Pass, dengan mengisi:
– Tanggal tiba di Korea: 30 Juni
– Hari pemesanan KR Pass: 5 hari (tanggal 3, 4, 5, 6, 7, 8)
– Tanggal pemesanan tiket KTX (berangkat / Busan-Daejeon): 3 Juli
– Tanggal pemesanan tiket KTX (kembali / Daejeon-Seoul): 8 Juli

*

Mohon maaf atas kekurangannya. Semoga contoh di atas cukup membantu ya~ ^_^


83 responses to “Travelling Nyaman & Terjangkau di Korea dengan KTX Menggunakan KR PASS

  1. […] Travelling Terjangkau dengan KTX Menggunakan KR PASS Apr […]

  2. disty says:

    hallo mba..

    Saya berencana ke Busan dr Seoul.
    Klo misalnya saya beli 1 day pass apakah bs dipake untuk tiket pp dr ke busan dr seoul? Tentunya dalam 24jam.
    Soalnya harganya lebih murah drpd beli tiket pp KTX.

    Tks yaa…

  3. lisa says:

    Hi mba..mo tny, utk kr pass itu bisa berlaku utk tiket pp ktx (mis. seoul-busan, busan-seoul) bukan ya…saya mo travelling k korea bulan ini, mohon infox…;)

    • Bisa banget. PP-nya pun tidak terbatas antar 2 kota saja, bisa berlainan kota. Contohnya: ada teman saya yang berangkatnya Busan-Seoul, pulangnya Seoul-Gwangju. Segera booking aja🙂

  4. lisa says:

    terima kasih infonya…sangat mmbantu, very excited untuk menjelajah seoul n busan sebentar lagi…;ppp

  5. Affandy says:

    Anyeong haseo
    kak kalau saya sudah tinggal 9 bln di korea msh boleh pake kr pass ?

    • Boleh. Saya sudah tinggal di Korea selama lebih dari 1,5 tahun saat booking KR Pass🙂

      • Affandy says:

        lalu utk mengisi Expected date of arrival in Korea nya bagaimana ?
        kalau misalnya pulang ke seoul dari daegu bisa ?

        makasih byk ya kak infonya🙂

        • Expected arrival date saran saya diisi hari ke-1, 2, atau 3 menjelang keberangkatan. Misalnya mau beli tiket yang tanggal 17 Mei, isi saja dengan 14,15, atau 16 Mei.

          Pulang ke Seoul bisa naik dari stasiun Dongdaegu🙂

          • Affandy says:

            thanks kk makasih banyak banyak😀

            • Affandy says:

              eh kak boleh tanya lagi ? kalau misal gak ada International Student Identification Card tapi umur kita masih dibawah 25 thn boleh pake youth pass ?

  6. jalantour says:

    Haloo , mba mau nanya, apa langsung nyampe bandara langsung tukar tiket ktx ke gyeongju bisa dapat tempat duduk? KR Pass youth yg mbak beli untuk usia brapa ya? Saya maunya langsung ke gyeongju apa ada cara/saran mbak, saya tiba 25 juni nanti apa KTX selalu penuh?
    Saya tunggu jawabannya makasih..

  7. bangunirh says:

    akhirnya saya bisa ndaftar ini kkkk (give me high five Yonny dan Nelly) meluncur ke Busan station bntr lg…

  8. nadya says:

    mbak salam kenal…mw nanya web metro busan yg bisa ngasih info mengenai onkos nya berapa, jalur tercepatmya gmn..jadi misal ane berankat dr gimpo airport station menuju seomyeon station, nah ane pengen tau onkos brp itu bisa di cek di mana ya,yg versi english.jd ane butuh web semacam smrt seoul, dweb smrt seoul tuh lenkap bgt info yg diberikan, misal nge-klik berangkat dr station hongik, kemudian ngeklik tujuan station hyehwa dsitu ntar dtampilin onkosnya brp n jalur tercepatnya gmn….ths bnyk mbak…

  9. Mike says:

    permisi.. maw nanya mba nelly..
    1. saya masih bingung kalo untuk 4 hari di busan tiket untuk pass type nya yang mana ya??
    2. trus untuk passenger type “youth” untuk turis bisa?? karena saya pergi berlima
    3. trus mba untuk expected date of arrival in korea maksudnya saya harus mengisi saat saya
    akan pergi ke busan atau saat saya sampai d korea?
    4. misal untuk tiket ktx 3 day pass itu dipakai bulak balik berkali2 bisa ya mba??
    maaf bnyk sekali pertanyaan.. mohon bantuannya.. thx

    • 1. Dari Indonesia, naik pesawatnya ke bandara Incheon (dekat Seoul) atau bandara Gimhae (dekat Busan)? Jika mendarat di Incheon, sila lanjut ke Busan pakai KTX. Untuk 4 hari, maka pilih yang “5 day use”.

      2. Jika pergi berlima, lebih baik pilih yang “Saver”. Cek di http://web.perpika.kr/?p=876 ya, itu lanjutan tulisan saya juga.

      3. Untuk expected date of arrival in Korea diisi tanggal saat tiba di Korea.

      4. Hanya bisa pergi & pulang (sama dengan 2 kali perjalanan), tidak bisa bolak-balik.

      • Mike says:

        oke mba.. saya ke busan tanggal 26 tp sudah sampai d seoul tgl 25.. nanti isinya tanggal 25 saja untuk expected date of arrival in korea nya mba?? jadi nnt saya begitu datang langsung tukar print e-ticket dengan kr pass ya?? maaf mba bnyak pertanyaan.. terima kasih bnyak.. btw mba skolah disana?? beasiswa?? hehe..

        • Pertanyaan lanjutannya udah dijawab di email ya🙂

          Iya alhamdulillah dapat beasiswa🙂

          • Mba Nelly,

            Mau koreksi (atau apakah rule nya sudah beda untuk frekuensi dan area jangkauan travelnya)..hehe.
            Saya barusan baca dari website korail.com dan http://eng.expo2012.kr/is/ps/unitybbs/bbs/selectBbsDetailP.html?ispsBbsId=BBS088&ispsNttId=0000012770 :

            Each KR PASS may only be used for the designated period of time, as specified by each ticket type. KR PASS holders can travel for free on all trains managed by KORAIL (including the KTX). There are no limits on the frequency of travel or travel area. Please note, however, that KR PASS is not eligible for use on subways or tour trains.

            Dari dua pernyataan tersebut, sepertinya sistem KR Pass mirip dengan MRT singapore ya untuk ticket x-day use. Kalo MRT boleh dipakai sesuka hati, kemanapun, tanpa limit apapun dari segi frekuensi perjalanan dan jangkauan selama masih berada pada periode tersebut yaa. Begitu bukan?hehe. There are no limits on the frequency of travel. jadi mau bolak balik juga boleh yaah hehe.

            Gomawoyo🙂

  10. chachaca says:

    hai mba, blognya sangat membantu loh….:)

    setelah qta beli KRPASS, Qta beli tiket KTX nya harus di Stationnya ya, saat penukaran KRPASS? jdi beli tiketnya on the spot ya, g online??

    oia, untuk KRPASS ini, pembelian tiketny dapetnya yg economy class?

    maacih mba

    • Hai juga, terimakasih atas apresiasinya ya🙂

      Setelah print hasil booking (e-ticket), kita bawa ke stasiun & tukar dengan KR PASS (bentuknya kartu, lihat gambar di atas). Jika kita ingin membeli tiket KTX saat itu juga, ya tinggal bilang ke petugasnya kalo mau tukar tiket KTX sekarang.

      Iya, jadi prinsipnya bookingnya online tapi ngambil tiketnya tetap harus ke stasiun🙂

  11. ongkyharjawinata says:

    Mba Nelly…
    Salam kenal…
    Blog nya bermanfaat banget mba..

    oiya Aku oci mba dari jakarta..
    Insya Allah bulan februari 2014 mau ke korea ni mba,,may be 1 month

    aku mau tanya2 mba..
    aku rencana landing di Gimhae Airport Busan terus langsung ke Seoul

    nah di seoul aku stay disana sampe aku pulang lagi harus ke Bandara Gimhae, Busan
    Nah itu kalo aku terapin pake KR PASS apa bisa ya mba ?
    maksud nya biar dapet hemat gitu…

    intinya aku ngga ada plan buat bilak balik busan-seoul selama aku di Korea jadi ke busan itu cuma numpang landing dateng sama take off pulang aja mba.

    Regrads

    Oci

    • Salam kenal juga, Oci.. Alhamdulillah kalo dirasa blog saya bermanfaat..

      Kenapa landing dan take-off nya dari Busan? Sudah terlanjur beli tiket kah?

      Kalau sepengetahuan saya, karena jangka waktu berlakunya KR PASS hanya 1, 3, 5, 7, 10 hari jadi kalo 1 bukan tidak masuk coverage. Jadi, angka 1, 3, 5, 7, 10 itu udah pergi-pulang; tidak lebih dari itu.

      Kalau case-nya seperti yang Oci tanyakan, hanya bisa beli tiket KTX dengan harga normal. Jadi kalo ditotal pergi (Busan~Seoul) dan pulang (Seoul~Busan) sekitar 105,000 won.

      • ongkyharjawinata says:

        Wow… jatuh nya jadi mahal juga ya hampir IDR 850.000 buat pp nya ya…???

        Mmm… kebetulan emang aku ada rangkaian acara mba..
        jadi mengharuskan smua nya via Busan Airport..

        hiks..hiks…😦 makasih ya mba nelly buat info nya…

        kalo naek kereta yang Mugunghwa itu recomended ngga mba…???
        selain makan waktu nya yg lama..
        soalnya menghemat budget aja sih mba… ^^

        Thanks

        • Dari Busan ke Seoul (atau sebaliknya) naik mugunghwa perjalanannya memakan waktu sekitar 5 jam lebih. Kalau mau istirahat (tidur) di jalan dan tidak dikejar jadwal sih ndak masalah naik mugunghwa🙂

  12. irving says:

    Salam kenal,
    postingan yang bermanfaat.

    mo tanya, ntar 1 Sep sore saya akan landing di Gimhae Airport, rencananya pgn lansung ke Seoul dan tanggal 3 Sep mo ke Gwangju dari Seoul. Kalo misalnya diputuskan pake KTX, apakah berarti ambil yg KR-PASS 3 hari?
    Ada info, kalo tidak ada KTX langsung dari Gimhae utk ke Seoul, lalu darimana yang terdekat dgn Gimhae? menggunakan apa ke tempat itu?
    Andaikan ambil KTX termalam utk ke Seoul, di pagi buta di Seoul ngapain nih rekomendasinya sambil nunggu terang?😀

    makasih

    salam,
    Irving

    • Stasiun terdekat dari Gimhae airport untuk mengambil tiket KTX adalah Busan Station (lihat jalur subway dari Gimhae airport ke Busan station di ‘Humetro subway route integrated’ https://theonlynelly.wordpress.com/2011/12/07/humetro-busan-subway/, atau bisa langsung naik taxi dengan biaya sekitar 20~25 ribu won).

      Betul, jika perjalanannya dalam rentang waktu antara 1 hingga 3 September maka ambil yang KR PASS 3 hari. Sejauh pengetahuan saya KTX hanya berhenti di 8 stasiun besar (diantaranya Busan, Ulsan, Dong-Daegu, Daejeon, Asan, Suwon, Seoul station) dan tidak berhenti di stasiun-stasiun kecil meski tetap dilewati.

  13. oops.siwon says:

    hai mba nelly..mau nanya ya mba ttng ktx..rencana kan ini sy ama temen” liburan ke kor via busan-seoul-busan (uda beli tiket pas promonya AA) kalo dr gimhae airport ke ktx station (buat ke seoul) kira” butuh waktu brp lama ya mb?trus bisa ga sih tiket ktx kita belinya on the spot langsung & jadwal ktx busan-seoul yg paling malem , seoul-busan yg paling pagi jam brp ya mba?apa sepanjang tahun jadwalnya sama terus?thanks in advance mba…maaf ya nanyanya banyak😀

  14. Annyeonghaseyo Nelly ssi,
    Blognya informatif banget nih mbak🙂

    Kalo nggak keberatan, saya ada beberapa pertanyaan mba,
    1. intinya KR Pass itu bukan buat round-trip yah mba, tapi buat 2 kali perjalanan? misal, kalo saya dari busan ke seoul (dalam card day use period tersebut), terus mampir dulu di daejeon (mau ke kaist), terus dilanjutin lagi ke seoul. Kalo saya mau kembali dari Seoul ke Busan, saya mesti beli normal ticket yah mba?

    2. Kalo saya berangkat ramean (5 orang rata-rata umur 22), saya bisa pilih opsi ‘saver’ yah? kalo yang saya lihat di tabel http://web.perpika.kr/?p=876, ambil contoh untuk 3-day use, apakah fare 76,100 won itu untuk 5 orang atau fare perorang nya? kalo misalnya itu per orang, berarti great value for money memilih ‘youth’ dibanding ‘saver’ yah mba? pilih youth lebih murah 8,400 won, apalagi saver pass : tourist party of 2 to 5 people may use under the same schedule, kalo harganya lebih mahal perorangnya kan rugi. atau saver tersebut hanya menguntungkan untuk normal ADULT. Saya baru tahu lho kalo 25 tahun di Korea masih masuk kategori juvenile. .

    3. Pertanyaan melenceng dari KR Pass boleh ya mba, T-Money bisa juga dipake diBusan tapi cuma bisa ditop up di Seoul yah? Kalo MyB bisa ditop up di Busan. Kalo pengen bisa ditop up di kedua kota tersebut kartu apa yah mba? terus dari segi fare ada perbedaan ga?

    Mba, pertanyaan yang melenceng dari topik yang ada🙂
    4. Mba nya master apa di univ apa ya? Kalo boleh tau, Inje untuk teknik bagus ga mba? rencananya mau lanjutin master disana.hehe.

    Gomawoyo.
    -Edry-

    • Terimakasih apresiasinya, alhamdulillah jika tulisan ini bisa bermanfaat buat orang banyak🙂

      1. Betul, sejauh yang saya tahu KR PASS memang hanya untuk 2 kali perjalanan. Jika seperti di contoh itu, seperti yang Edry sebutkan maka memang dari Daejeon ke Seoul harus beli tiket normal (tidak hanya KTX, bisa juga dengan kereta Mugunghwa atau Semaeul). Baru dari Seoul kembali ke Busannya yang pakai KR PASS lagi.

      2. Karena belum pernah mencoba opsi Saver, jadi mohon maaf saya tidak dapat menjawab pertanyaan ini yah, daripada salah ngasi info hehe.. Tapi kalo diliat-liat sih, sepertinya biaya itu udah untuk 5 orang, hmm tapi ini masih mungkin ya, belum pasti. Untuk lebih jelasnya memang harus menelpon ke kantor Korail, karena saya pernah coba tanya di webnya yang berbahasa Inggris tapi sayangnya tidak direspon.

      3. Betul. Setahu saya MyB bisa di-topup di Busan, Gwangju, Gimhae; sedangkan T-Money bisa di-topup di Seoul, Daejeon, Gyeongsan, dll. Namun sayangnya MyB tidak bisa di-topup selain di kota tadi dan T-Money pun tidak bisa di-topup selain di kota yang tersebut. Untuk yang bisa di-topup di kedua kota tersebut saya tidak tahu pakai kartu apa. Dulu pernah dengar ada Korean pass tapi harganya cukup mahal (sekitar 50ribu won) sehingga saya jadi malas cari tahu, hehe.. Dan bisa juga pakai kartu transportasi dengan memanfaatkan kartu ATM dari beberapa bank (Hana Bank, KB Star, dll). Tentunya jika harus memilih satu diantara 2 kartu tadi, pilihlah lebih menitikberatkan kota mana yang ditinggali & paling sering dikunjungi nantinya, tinggal kalo mau pergi ke kota lain di-topup yang banyak agar tidak kehabisan. Kalaupun kehabisan, kita bisa mengisi saldonya di minimarket semacam 7Eleven, HappyMart, C&U, dll jadi tidak perlu terlalu risau soal kartu transportasi ini🙂

      Kalau dari segi fare, menggunakan kartu transportasi akan lebih menghemat 20~100 won. Sebegai contoh harga subway di Busan 1200 won (dengan tiket normal), jika menggunakan MyB/T-Money jadi 1100 won. Sedangkan untuk bis dalam kota yang harga normalnya 1200~1500 won jika menggunakan MyB/T-Money harganya jadi 1180 won saja.

      4. Saya di PNU (Busan). Jika sudah memilih, dijalani saja, pasti baik tidaknya nanti akan jadi pelajaran yang berharga, hehe.. Beberapa teman Perpika ada yang di Inje, silakan cari tahu mengenai lab yang dituju. Karena bagus tidaknya buka tergantung dari universitas, melainkan dari profesor dan riset yang dijalankannya🙂

  15. abi says:

    OHMYGOD ini blog sangat membantu bangettt
    salam kenal ya mbak…
    mbak maaf saya juga ingin tanya nih msh agak bingung dengan sistem ini..
    saya kan udh booking peswat dr jeju ke busan.. dan rencana mau inap semalam di busan..
    paginya lanjut ke seoul pengen nyobain KTX
    berati kan aq cuma perlu beli one way aja neh.. trus jdnya aku beli youth yang berapa hari ya ?
    makasih banget udah bikin blog yang very usefull ini..
    jangan letih merespon kami yahh
    Gomawoo…

    • Halo, salam kenal juga Abi! Alhamdulillah jika bermanfaat, terimakasih udah mampir ya🙂

      Kalau cuma pake yang one way, lebih baik booking KR PASS yang 1 day use saja. At least itu udah lebih murah dibandingkan tiket KTX dengan harga normal.

  16. salma says:

    Halo mba
    Saya rencana ke korea tanggal 4 agustus dalam rangka tugas belajar, beberapa teman ngajak ke busan, nah kalo saya book kr pass terus ternyata saya ga jadi pergi apa saldo tetep kepotong mba? Saya cuma ada debit master card, bisa dipake untuk payment ga ya mba? Makasih ^^

    • Halo Salma! Pembayaran KR PASS langsung dilakukan (terpotong otomatis) setelah memasukkan nomer credit card. Jadi dipakai/tidak, itu urusan nanti. Penukaran KR PASS menjadi tiket KTX berlaku 2 bulan setelah e-ticket dicetak, jadi silakan memperhatikan tanggal yang tercetak di e-ticket ya agar tidak hangus tiketnya🙂

  17. oops.siwon says:

    hai mba nelly..mau nanya ya mba ttng ktx..rencana kan ini sy ama temen” liburan ke kor via busan-seoul-busan (uda beli tiket pas promonya AA) kalo dr gimhae airport ke ktx station (buat ke seoul) kira” butuh waktu brp lama ya mb?trus bisa ga sih tiket ktx kita belinya on the spot langsung & jadwal ktx busan-seoul yg paling malem , seoul-busan yg paling pagi jam brp ya mba?apa sepanjang tahun jadwalnya sama terus?thanks in advance mba…maaf ya nanyanya banyak😀

    • Perjalanan Gimhae airport ke Busan Station sekitar 1 jam dengan subway atau 30 menit dengan taxi. Tiket KTX bisa dibeli di loket langsung, tapi tentu harga yang berlaku adalah harga normal (sekitar 52ribu won sekali jalan).

      Kereta KTX paling pagi ada sekitar pukul 5, sedangkan paling malam jam 12. Tapi kamu perlu memperhatikan jika kembali dengan menggunakan kereta jam 12, maka akan sampai di Seoul/Busan pukul 3 pagi. Padahal subway terakhir adalah jam 12 malam, sehingga jika sampai di Busan/Seoul sebelum jam 5.30 maka kamu harus menggunakan taxi untuk menuju tempat yang dituju.

  18. nelda says:

    hello
    ap kbar
    minta tolong tanya utk penukaran kr pass nya bisa di incheon station? ato hrs di seoul station?

    • Halo Nelda! Setahu saya KR PASS tidak bisa ditukar di Incheon Station, karena KTX tidak berhenti disana. Biasanya dari Incheon ke Seoul, penumpang menaiki AREX, bukan KTX🙂

  19. Tika says:

    Mba, mau tanya.. KTX dari Busan ke Seoul paling malam jam berapa ya?
    dan mis. sampai di seoul tgl 1 tapi baru ke busan tgl 3, dan hari itu jg pulang,nah tetap 1 day atau 3 day?
    terima kasih ya mba..

    • Hai Tika! KTX Busan-Seoul paling malam jam 22.50, sampai sana jam 01.21, cek di korail.com ya. Kalo seperti yang Tika tanyakan, itu terhitung 3 day pass. 1 day pass itu kalo berangkat & pulang tanggalnya sama🙂

      • Tika says:

        maaf ya mba, boleh tny lg utk lebih jelas. hehe
        klo untuk seoul busan memang pd hari yg sama, jika ke busan pd pagi hari dan pulang lg ke seoul nya pd mlm hari,
        tp saat kita mau memesan KR Pass yg ditanyakan adalah wktu kedtgan di Seoul, dan saya baru akan ke Busan 3 hari kemudian dr kedatangan di Seoul, apakah tiket yg digunakan 1 day atau 3 day?

  20. Wulan says:

    Hay, mbak Nelly. Salam kenal ya..
    Blog nibrmanfaat deh,buat jd pelajaran agr gk nyasar heehe.
    Aku mw tanya, kalo misalnya pke AA kn nympe ke busan cz rencananya dr tgl 1 busan cm nginep bntr trs ke seoul llu balik lg pulang kebusan.nah prtanyaan.
    1. dr airport (gimhee) trs nah jalan mnuju ke busan stasion tu jalan kaki pa naek subway?klo subway brti bli tiket myb donk carany gmn??
    2. Klo dr stasion busan ke seoul stasion tu naek kereta mugyuhwan(?) cm 1 day tu murah gk? Brp ttp pke myb kl dpake (bkan diisi) donk
    3. Kalo misalnya balik dr seoul ke busan transportasi jg sama yg q tanya td tu ya..
    Djawab ya via email wulan.moon1991@gmail.com makasih,,

    • 1. dr airport (gimhee) trs nah jalan mnuju ke busan stasion tu jalan kaki pa naek subway?klo subway brti bli tiket myb donk carany gmn??
      » Dari Gimhae intl airport ke Busan Station bisa naik taxi atau subway.

      2. Klo dr stasion busan ke seoul stasion tu naek kereta mugyuhwan(?) cm 1 day tu murah gk? Brp ttp pke myb kl dpake (bkan diisi) donk
      » Bisa naik kereta Mugunghwa, Semaeul, atau KTX.

      3. Kalo misalnya balik dr seoul ke busan transportasi jg sama yg q tanya td tu ya..
      » Sama seperti no. 2.

  21. rikawardhani says:

    annyeong haseyo…

    wahmakasi info nya mbak..berguna banget…saya ada rencana traveling k seoul dan pgn ke busan…

    jadi misal saya mendarat di incheon tgl 18 maret pagi…trus saya rencana pertama k busan nya tgl20 pagi dan kembali tgl 21 pagi.. berarti saat reservation saya isi estimated time arrival in korea nya isi tgl18 maret kemudian pilihan KR Pass nya pilih yg 3days gt ya mbak??nah teruss setelah dapet e-ticket tgl19 saya tukerin e-ticket itu di seoul station utk dpt KR Pass n langsung dipake bwt beli KTX seoul-busan utk tgl20 dan busan-seoul tgl 21 gt ya mbak? itungan 3hari nya ga dimulai dari tgl18 kan?tp dimulai dari tanggal kita nukerin kr pass itu bukan?

    next….akan berlaku sama juga klo sy memutuskang nginep berarti milih yg periode nya 1day gt?? saat di seoul station bs langsung beli seoul-busan-seoul atau busan-seoul nya kudu dibusan station mbak?

    duhh maaf klo pertanyann nya njelimet ya….semoga kuliahnya dilancarkan disana mbak,aminn..

    • jadi misal saya mendarat di incheon tgl 18 maret pagi…trus saya rencana pertama k busan nya tgl20 pagi dan kembali tgl 21 pagi.. berarti saat reservation saya isi estimated time arrival in korea nya isi tgl18 maret kemudian pilihan KR Pass nya pilih yg 3days gt ya mbak??
      » Betul.

      nah teruss setelah dapet e-ticket tgl19 saya tukerin e-ticket itu di seoul station utk dpt KR Pass n langsung dipake bwt beli KTX seoul-busan utk tgl20 dan busan-seoul tgl 21 gt ya mbak? itungan 3hari nya ga dimulai dari tgl18 kan?tp dimulai dari tanggal kita nukerin kr pass itu bukan?
      » 3 hari itu nanti kamu yang menentukan sendiri (tentunya harus diisi pas booking online dahulu). Bilang ke petugas mulai ngitungnya tanggal 20, nanti otomatis berlaku sampe 3 hari.

      next….akan berlaku sama juga klo sy memutuskang nginep berarti milih yg periode nya 1day gt?? saat di seoul station bs langsung beli seoul-busan-seoul atau busan-seoul nya kudu dibusan station mbak?
      » Tiketnya bisa langsung sekalian beli buat saat kembalinya.

      Aamiin. Makasih buat doanya :’)

  22. She she says:

    hai mbak saya mau numpang nanya nih~~
    saya baru beli tiket indo – busan – seoul – indo
    kan saya tiba duluan di busan trs besoknya mau ke seoul tuh klo beli tiket ktx sebaeknya beli pas kapan ya?? pas hari keberangkatan pa sehari sebelum hari H?
    trs buat transport sehari2 di busan katanya dengan beli tiket 1pass day seharga 4000won kita bisa naek mrt seharian tanpa bayar ya??

    • saya baru beli tiket indo – busan – seoul – indo
      kan saya tiba duluan di busan trs besoknya mau ke seoul tuh klo beli tiket ktx sebaeknya beli pas kapan ya?? pas hari keberangkatan pa sehari sebelum hari H?
      » Kalo mau booking online seperti yang sy lakukan di tulisan ini, ya harus beli sebelum ke Korea. Tapi beli langsung di loket pun bisa, tentunya harga yang berlaku normal, bukan harga diatas.

      trs buat transport sehari2 di busan katanya dengan beli tiket 1pass day seharga 4000won kita bisa naek mrt seharian tanpa bayar ya??
      » 1 day pass untuk naik subway bisa dipake sampai jam 23.59, betul tidak keluar uang lagi.

  23. Julia says:

    utk saver ticket, batas umurnya 25thn itu 25 umur korea apa umur internasional ya? thanks^^

    • Sejauh yang sy tahu, umur internasional. Tapi umur sy (dan beberapa teman yang udah mencoba) ketika apply pun lebih dari 25 tahun, jadi sepertinya usia tidak berpengaruh🙂

  24. jejeje says:

    hello mbk Nelly salam kenal ,
    mau nanya mbk kalo semisal kita udah tinggal di korea lebih dari 2 tahun apkah masih bisa beli kr pass ??
    tq b4

  25. kartika says:

    Salam kenal mbak, minta bantuannya untuk menjelaskan sy agak bingung dgn KR pass, sy brkt ke seoul tgl 12 des, tgl 15 rencana naik KTX dr seoul busan 2 malam, kemudian lanjut ke Gyuengju 2 malam.
    Pertanyaan saya:
    Kalo sy beli KR pass berarti yg limit brp hari ya untuk sy?
    Trus dr busan ke gyengju baiknya naik apa ya? Berhubung sdh membeli KR pass misalnya apa jg bisa dipake sekaligus kesana busan-gyeungju gitu? KR pass itu modelnya sekalibeli bisa dipake kemana saja atau cuman 1 tujuan?
    Trus buat anak saya khan umur 13 thn berarti pake kartu pelajarindonesia bisa?

    Trus mbak, ini agak diluar topik sorry merepotkan hihihi mbak tau info anak sy mau main ski lebih bgs mana ya di mount sorak ato di wilayah Pyeongchang? Trus ke sananya dr seoul naik apa ya? Ada tidak shuttle bus nya
    Thanks ya mbak berarti banget. Muachhh

    • Salam kenal mbak Kartika, berikut penjelasannya:
      1. Mbak pesan KRPass lalu beli tiket KTX Seoul-Busan untuk tgl 15
      2. Dari Busan ke Gyeongju naik bis, kembali ke Busan jg dengan bis
      3. Dari Busan ke Seoul naik KTX lagi tanggal 18/19

      Mengenai ski, lebih baik langsung hubungi http://koresia.com/ ya🙂

  26. oen says:

    Hai mba..

    Salam kenal. Oh iya mau tanya2 dong. Bulan feb mendatang saya & bbrp teman ada rencana mau visit ke busan dari seoul. Rencanaya mau beli KR pass yg akan lbh hemat uang & hemat waktu. Mohon info kereta trakhir dari busan ke seoul jam brp yak. Rencana perjalanan brangkat pagi dr seoul dan kembali dari busan pada malam hari. Mohon infonya ya mba.

    Thanks ya.

    • oen says:

      Hai mba trnyt pertanyaan saya sdh terjawab dari comment2 sebelumnya. Thanks infonya yah. Tapi mohon maaf ya ada pertanyaan lainnya. Oh iya misalnya kita tidak jadi menggunakan tiket KR Pass tsb, apakah bisa refund? Jika iya, caranya gmn ya?

      Thanks before🙂

  27. desi says:

    Mba saya mau tanya dong..
    Kalau saya dari busan ke seoul 4 orang (2 ortu) (2 muda) itu lebih hematnya beli yang saver ya? nah.. sebenernya aku masih bingung yang ada interval hari2 gitu… aku dari tanggal 27 feb – 10 maret.. sebenernya busan cuma kota transit aja.. tujuan utamanya seoul sih.. nah, itu kan kira2 10 harian yah.. kalo aku beli nya 1 hari di deket keberangkatan ke seoul dan 1 days di deket kepulangan dari seoul itu bisa ga yah? apa harus beli 10 days ? soalnya setelah diitung2 murahan 1 day + 1 day harganya…

  28. desi says:

    oiyah, lanjut pertanyaan tadi, 2 ortu (usia mama 55, usia papa 65) setau aku, lansia kan gratis yah… Apa naik KTX ini gratis juga? lebih hematnya aku bli tiketnya gimana yah mba? Terimakasih banyak mba…

  29. hai kak saya mau tanya donk.. waktu penukaran e-tiket di seoul station harus nunjukin credit card apa ga? thanks

  30. Michael says:

    Halo mbaa.. Nice to meet you..
    Saya punya beberapa pertanyaan terkait dengan info KR PASS mba..
    Mohon bantuannya yaa.. >.<

    Saya datang ke Seoul pada tanggal 9 Maret 2014..
    Pada tanggal 12 Maret 2014, saya berencana untuk pergi ke busan selama 1 hari saja (pergi dengan first train Pk. 06.00 dan balik dari busan sekitar pk. 20.00)..
    Yang saya bingung, pada saat reservasi, Expected date of arrival in korea itu diisi tanggal saya datang pertama ke seoul (9 Maret 2014) atau tanggal saya ke busan (12 Maret 2014) ya mba?
    Trus, kapan saya dapat menukarkan e-ticket dengan KR PASS di Seoul station?
    apakah pada hari H saya ke busan (12 Maret 2014) atau bisa hari sebelumnya? dan masa berlakunya KR Pass nya dihitung mulai kapan?
    Jika saya hanya bisa menukarkan tiket pada hari H saya ke busan, apakah counter penukaran e-ticket sudah buka sebelum pk. 06.00? karena saya berencana ke busan dengan first train..

    Mohon pencerahannya ya mbaa..
    Many Thanks..🙂

  31. diyanw says:

    hai mbak saya mau tanya pembayaran KTXPass apakah bisa menggunakan debit card?

  32. Saras says:

    Halo kakak.
    Aku udh reservation katapi aku gapunya kartu kredit. Kalau aku nanti bayar di tempat penukaran e ticketnya bisa ga ka? Makasih kaa🙂

  33. Ferdyan Ihza Akbar says:

    Hai ini info bagus banget nih. Tapi saya mau nanya, itu yang youth pass di web visitkorea tulisannya harus punya “Valid International Student Identity Card”, nah itu bisa pake kartu mahasiswa Indonesia ga ya? atau emang ada kartu mahasiswa khusus internasional?

    mohon jawabannya makasih🙂

  34. koreansstore says:

    Halo.mau tny nih… aku kn mau travelling ber6 (5 adults + 1 child)..
    Kira2 kalo aku pesen tiket KR Pass jenis SAVER untuk 5org dn jenis CHILD 1tiket..kira2 nanti untuk number seat nya gmn ya? Apakah qt pasti bakal duduk barengan atau ga ya?

    Soalnya yg pernah saya baca..ada org beli tiket jenis SAVER untuk 3adults.. hanya 1 org aja yg dpt number seat dan 2 laennya ga dpt..sampai akhirnya mrk pisah gerbong gt..

    Tlg bantuannya.. makasiiihhhh ^^

  35. essa says:

    Mba mau nanya, kalo misal kita jalan ber 2 trus beli yg saver,harga yg tertera itu buat 2 orang atau perorang?

  36. in says:

    mba mau tny kalo saya ke busan nya cuma 2hari (tiba dibusan tgl 6april dan balik ke seoul 7 april) itu pilihnya tetap yg ticket for 3days ? thanks infonya

  37. Dianawati says:

    Halo mba infonya oke banged deh…
    Salam kemal ya… saya rencana mau pergi ke busan dan jinhae pp nih…

    Kalo dari browsing2 sendiri sepertinya saya harus beli:
    – KTX SEOUL MASAN
    – MUGUNGHWA MASAN JINHAE
    – KTX BUSAN SEOUL

    nah itu semua bisa dituker menggunakan KR Pass tidak ya?

    mohon bantuannya ya.

    Thanks banged (^_^)v

  38. in says:

    Hi.. untuk pembelian KR pass ini bisa dibeli di seoul station tidak?apa harus beli melalui website ? Untuk penukaran KR pass apa dapat nomor tempat duduk?thanks infonya

  39. mia says:

    hi mba, slm kenal y..
    saya mau tny mba, saya tdk punya kartu kredit, bisa menggunakan kartu debit atau bayar cash saat penukaran kartu g? dan kalau dari bandara incheon apakah saya harus ke seoul stasion untuk menukarkan KR pass dan naik KTX nya atau dari bandara incheon ada yg langsung k busan g mba?

    thanx y info nya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: