i love my life

i write to fight my short-memory-loss | my room for learning and sharing something new

Bagaimana Cara Memakan Buah dengan Tepat? #info

on 8 April 2013
Buah-buahan :9 (sumber: http://goo.gl/C5Gt3)

Buah-buahan :9 (sumber: http://goo.gl/C5Gt3)

Beberapa tahun yang lalu, alhamdulillah saya sukses menerapkan pola hidup sehat yang terdiri dari pola makan seimbang dan pola tidur seimbang. Saat ini saya sungguh menginginkan kembali ke masa itu, dimana qadarallah mata saya secara otomatis bisa melek tanpa alarm jam 4 pagi, setelah shalat qiyaumil lail dan subuh dilanjutkan dengan mandi pagi, kemudian makan buah sebelum sarapan, berangkat ke kampus, pulang sebentar untuk tidur siang, jika ada kelas sore maka saya kembali ke kampus dengan naik sepeda, setelah maghrib sudah di kos lalu ngaji, belajar atau main (game di) laptop, lalu berhasil tidur tepat jam 9 atau 10 walaupun suara TV yang disetel teman sekosan suaranya agak kencang, dst. Sayangnya kebiasaan (yang bisa dianggap) baik itu kemudian agak terganggu kontinuitasnya.

Sekarang saya ingin membiasakan lagi pola hidup tersebut demi masa depan yang lebih cerah *tsaaah*. Because honestly, unhealthy lifestyle makes me frustrated.  Selain mulai mengonsumsi Melilea greenfield organic (eh ini bukan promosi berbayar yah :D), saya berusaha selalu memasak makanan ber-sayur dan mengonsumsi buah (meskipun sering juga pilih beli jus kemasan karena lebih simpel)🙂

Alhamdulillah pekan yang lalu nemu artikel tentang cara yang benar memakan buah di sini, tapi karena berbahasa Inggris agak malas menerjemahkannya untuk dimasukkan ke blog. And finally this is it the translation result😉

***

Kebanyakan orang berpikir bahwa makan buah bersama dengan makanan utama mereka adalah cara yang baik untuk tetap sehat. Tanpa memahami siklus pencernaan tubuh selama 24 jam, banyak orang mengkonsumsi buah dengan cara yang justru tidak banyak membawa manfaat gizi bagi mereka. Makan banyak buah bersama makanan utama atau memakannya sebagai makanan penutup bukanlah cara yang ideal untuk makan buah.

Agar tubuh Anda mendapatkan manfaat yang maksimal, Anda harus mengikuti pedoman makan buah di bawah ini:

  • Cara terbaik untuk makan buah adalah pada waktu perut Anda masih kosong. Anda dapat melakukannya kapanpun sepanjang hari asalkan perut masih kosong.
  • Setelah makan buah, Anda harus memberi waktu sekitar 30 menit sebelum mengkonsumsi makanan apapun selain buah.
  • Setelah makan, biarkan setidaknya tiga jam sebelum Anda makan buah lagi. Hal ini untuk memastikan bahwa makanan yang sebelumnya dimakan telah meninggalkan lambung.
  • Sebisa mungkin usahakan untuk mengonsumsi buah sebelum siang hari.
  • Hindari makan buah bersama dengan makanan lain. Cara terbaik memakan buah adalah dimakan sendiri (tanpa makanan pendamping lainnya).
  • Jangan makan buah sebagai makanan penutup. makan buah setelah makan akan membuang banyak manfaat buah.
  • Hindari makan buah seperti pisang dan alpukat di pagi hari karena keduanya termasuk jenis makanan yang membuat berat sistem pencernaan di pagi hari. Pisang dan alpukat dapat dimakan setelah tengah hari ketika tubuh dalam siklus pencernaan yang sesuai.
  • Jika Anda merasa lapar saat pagi hari, makanlah buah dan Anda dapat terus makan buah sampai tingkat gula darah Anda kembali normal, sehingga rasa lapar Anda menghilang.
  • Sebisa mungkin pilihlah buah organik.
  • Hindari memakan buah yang telah diproses, dimasak, atau buah kaleng karena mengandung gula dalam jumlah besar, bahan tambahan (pengawet/pewarna, red), dan bahan tak diinginkan lainnya.

Buah dicerna dalam usus dan bukan di lambung. Buah juga cepat dicerna dan melewati sistem pencernaan sekitar setengah jam. Otak kita bekerja dengan bahan bakar dari glukosa, buah merupakan sumber gula darah (glukosa) yang paling efisien. Dengan konsumsi buah yang cukup, kadar gula darah Anda akan menjadi normal sehingga mekanisme rasa lapar tubuh Anda diatur dengan baik. Dengan demikian, Anda terhindar dari makan berlebihan dan kegemukan.

***

Selamat memraktekkan, semoga bermanfaat🙂

Related post:
Cara Alami Untuk Mencegah Kanker Payudara
Siklus Pembuangan Racun Dalam Tubuh
Manfaat Air Putih
Coca Cola dan Pepsi “HEBAT”


One response to “Bagaimana Cara Memakan Buah dengan Tepat? #info

  1. ciamde says:

    the answer is FOOD COMBINING . dan kak ne nemuin tahun 2013 . now how bout ur food method that u use now kak ?🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: